Perbandingan antara Laptop Dan Computer



selamat datang di post terbaru saya hehehe, sekiranya sudah satu bulan lebih saya gak upload postingan di blog ini. sekaranag saya mau share perbandingan antara Laptop dan Computer, sebelum kita membandingkanya, terlebih dahulu kita tahu sejarah keduanya


Laptop mulai menjadi pembicaraan serius dikalangan para produsen dan desain PC pada awal 1070-an, ketik komputer pribadi yang portable diangkat ke permukaan. Sebuah “personel, portable information manipulator” yang dibayangkan oleh Alan Key di Xerox PARC pada tahun 1985, dan dijelaskan pada tahun 1972 dalam makalahnya yaitu “Dynabook”. Proyek IMB SCAMP yaitu Special Computer APL Machine Portable telah didemonstrasikan pada tahun 1973. Prototipe ini didasarkan pada processor PALM (Put All Logic In Microcode). IBM 5100, komputer portable pertama yang tersedia secara komersial, muncul pada bulan September 1975, dan didasarkan pada prototipe SCAMP. 

Komputer portable pertama yang memiliki mesin CPU 8 bit ini kemudian diterima secara luas dan jumlahnya semakin meningkat. Osborne 1, yang dirilis pada tahun 1981, menggunakan zilog Z80 dan beratnya 10,7kg itupun belum termasuk baterai. Layar CRT hanya 5 Inch atau 13 cm, dan menggunakan  5,26 inci single density floppy drive. 
Pada tahun yang sama komputer laptop berukuran portable pertama, Epson HX 20, diumumkan. Epson memiliki layar LCD, baterai isi ulang, dan sebuah printer kalkulator ukuran 1,6 kg. 

Lalu apakah yang mendasar dari keduanya..

LAPTOP
COMPUTER
Portable 
Tidak Portable
Cepat panas
Tidak Cepat panas
Baterai 
Tidak terdapat Baterai
Ram dapat diganti 
Ram dapat diganti 
Hard Disk dapat diganti 
Hard Disk dapat diganti 
Prossesor tidak dapat diganti
Prosessor dapat diganti 
Lcd bisa diganti
Lcd terpisah
DVD-ROM bisa ganti 
DVD-ROM bisa diganto



Dari segi ukuran, laptop memang kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mama, akan tetapi laptop juga memiliki kekurangan tersendiri dibandingkan dengan computer. Lalu manakah yang harus kita pilih? Semuanya tergantung pada kebutuhan kita, jika anda seorang yang suka berpergian maka laptop mungkin menjadi solusi dan jika anda seorang yang bekerja tetap (tidak berpergian) mungkin computer adalah pilihannya.

Terus mahalan mana laptop atau computer? Ya jelas computer, jika kita membeli komputer baru dengan siap pakai (bukan satuan) maka jelas mahal tapi jika kita membeli komputer satuan (terjual terpisah) mungkin akan lebih murah, yaa sekitar 200.000 lumayan kan kita bisa menghemat duit sebanyak itu, dan jika kita membeli laptop tentu harganya yaa segitu-segitu aja sekitar 5 jt dan jika kita membeli laptop bekas harganya tidak jauh dari 2,7 jt tergantung jenis laptopnya.

Lalu kalau mau upgrade gimana? Yaa ke tukamg servicenya saja, mau upgrde ram, dvd, hdd atau ganti lcd dll. Kalau harga ram itu sekitar 100.000/gb + 50.000 jadi misalnya saya ingin membeli ram 4 gb ya harganya sekitar 450.000 keatas  dikit hehehe...

Laptop gaming dengan computer gaming bagusan mana? Yaa kalo menurut saya pribadi lebih bahus computer, karena selain bisa di gonta-ganti, computer juga bisa menghempaskan daya panas secara bagus yang keluar dari mesin.

yaa cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat jika ada yang salah mohon di ritik dan nanti akan saya revisi hehehe.. sekian.
Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
tekno terbaru
AUTHOR
31 October 2015 at 21:06 delete

Laptop skrng udh ada fitur keeps palm rest cool, jadi ga cepet panas gan. Kyk pnya a5us, dipake smpe 8jm dingin2 aja..

Reply
avatar
8 January 2016 at 03:11 delete

kalo ane lebih milih pc, lebih gampang kalo pengen upgrade upgrade hardware :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19 January 2016 at 03:36 delete

emang kemana-mana paling gampang bawa laptop ketimbang komputer , tapi emang lebih tahan lama kalau pakai komputer lebih gampang di oprek ketimbang laptop

Reply
avatar
Bunz
AUTHOR
19 January 2016 at 03:39 delete

Paling gampang itu bawa laptop simple ..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 January 2016 at 19:46 delete

sebenernya laptop ama computer pc ga bisa dibandingin gan.. kalau dibedain bisa :D wkk

Reply
avatar
Kunai

Visitor

Flag Counter